Kamis, 12 Oktober 2017

HABERS ( HASIL BERSAMA)


HABERS ( HASIL BERSAMA)

Sebuah kajian sederhana untuk memahami arti dari sebuah tujuan serta pengaruhnya terhadap kepemimpinan untuk mengerahkan suatu perencanaan, dan dampak yang di hasilkan dari tujuannya

Dulu di batu merah sekitar tahun 90 an saya punya geng namanya Habers dan  Ini adalah istilah untuk sebuah arti yaitu hasil bersama, sebenarnya geng habers dibentuk untuk sebuah tujuan  guna mendapatkan hasil bersama sama dan juga untuk kepentingan geng, namun habers membelok ke arah yang tidak baik. Salah satu kegiatan habers adalah nyolong talang mobil, hasil nyolong kemudian di bagikan bersama sama.  Kebetulan saya masih ingat gambar Habers, gambarnya berbentuk talang mobil, Kemudian lambang ini di sablong ke kaos, maaf itu dulu, sekarang sudah tidak lagi.

Cara kerja habers sederhana aja, pada  malam hari kami pergi ke terminal mardika  selanjutnya sandar pada pintu depan mobil dengan posisi kedua tanggan diatas selanjut kami pura pura sandar dan langsung Tarik, talang pun terlepas, talang harus dua pasang, karena kalau sebelah saja tidak bisa, itu sih dulu, sekarang sudah tidak lagi. Selanjutnya kami jual ke mobil yang ngga punya talang mobil, itu sih dulu, sekarang sudah tidah lagi.

Setelah saya dewasa, saya belajar bagaimana memahami  Tujuan dalam suatu perusahaan, organisasi, grup dan geng atau apapun namanya,  tujuan itu sangat di pengaruhi oleh kepemimpinan seseorang guna  mengerakan dan mencapai  tujuan tujuan tersebut, menurut KEN MCELROY “Tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan”.  Tujuan itu seperti arah yang hendak di capai oleh pemimpin, dan tujuan.

Proses dalam mencapai tujuan adalah bagian dari karakter untuk membentuk dan mencapai tujuan, seperti kutipan Mochtar Riady di kenal dengan julukan manusia ide” Penderitaan inilah yang menjadikan saya lebih tangguh dan toleran dalam menghadapi segala masalah serta membuat saya lebih tekun untuk bekerja dan bekerja. Saya sangat yakin bahwa di balik kesulitan ada harapan, di balik krisis ada kesempatan” tujuan adalah hasil dari proses kerja keras yang di dalamnya ada tantangan, hambatan, penderitaan dan mungkin juga ada kegagalan, tetapi tujuan adalah hasil maksimal dari proses.

Dalam  pengertian lainnya tentang tujuan  ada di kenal dengan istilah Tujuan Menyimak, sebenarnya tujuan tersebut bukan tujuan akhir melainkan menurut saya, hal ini masuk dalam kategori proses untuk mencapai tujuan besar atau tujuan akhir, Adapun menurut H. G. Tarigan tujuan menyimak ialah: Menyimak untuk belajar, Menyimak untuk menikmati keindahan audial, Menyimak untuk mengevaluasi,  Menyimak untuk mengapresiasi materi simakan,   Menyimak untuk mengkomunikasikan ide-ide, Menyimak untuk membedakan bunyi-bunyi, Menyimak untuk memecahkan masalah,  Menyimak untuk meyakinkan.

Kita mempunyai tujuannya masing masing, untuk mencapai tujuan yang sebenarnya kita perlu belajar dari semua proses yang terjadi , simaklah apa yang anda alami, dan responlah dengan baik agar anda dapat sesuatu yang berguna untuk mencapai tujuan tujuan anda.

Sambil   menoleh ke belakang, saya melihat bahwa ternyata masa lalu itu tidak enak, namun nikmatnya kita mau belajar dari masah lalu tersebut, bang ini talangnya harganya cuman Rp.20.000,- murahkan. Itulah HABERS – hasil bersama.




0 komentar:

Posting Komentar