Selasa, 26 September 2017

TFAKREN


Tfakren

Penulis : Paulus Laratmase

Kata dasar Tfakren adalah Fakren yang artinya gotong royong dalam bahasa Yamdena, pulau terbesar di kabupaten Maluń∑u Tenggara Barat. Penambahan prefiks "T" pada kata dasar T-Fakren artinya : mari kita bekerja bersama = gotong royong.

Tfakren untuk generasi anak Tanimbar terutama yang berasal dari Yamdena, mungkin juga sudah banyak lupa kata ini. Maklum kurikulum pendidikan formal mewajibkan berbahasa Indonesia berdampak pada berkurangnya kecintaan menggunakan bahasa daerah dalam interaksi soaialnya.

Tfakren adalah sebuah ajakan tetapi juga imperatif sifatnya dalam tatanan kultur kehidupan bersama masyarakat adat Tanimbar. Tfakren memiliki makna sosial yang tinggi di kala dihubungkan dengan hidup kebersamaan dalam sebuah komunitas yang disebut kampung.

Tfakren = mari kita bergotong royong dalam sebuah kepentingan umum, dan bila seseorang tidak melibatkan diri dalam pekerjaan itu, ia merasa malau, ia bisa dikucilkan dari pergaulan sosial. Artinya Tfakren in se merupakan sebuah kewajiban karena di dalamnya juga ada sanksi sosial yang inheren dimaknai sebagai keharusan bagi semua warga.

Mungkinkah kata "Tfakren" masih relefan dalam dunia Tanimbarku sekarang? Semoga....
Biak, 19 September 2017
Paulus Laratmase

0 komentar:

Posting Komentar