Rabu, 27 September 2017

TAKISU KAYA TIKUS TAGEPE ( TERJEPIT)


TAKISU KAYA TIKUS TAGEPE ( TERJEPIT)

Pada pesta ulang tahun mince yang 26 tahun,  mince merencanakan mengadakan pesta ulang tahun dengan membuat  sabuah ( orang di ambon bilang buat tenda untuk kegiatan kegiatan tertentu seperti  orang ulang tahun, sidi baru , orang menikah dan lainnya). Mince merasa di anugrahi satu tahun oleh Tuhan dengan bertambahnya usianya, sehingga ia, membuat pesta Ultah yang ke 26 tahun dengan mengundang semua teman temannya termasuk Maku.

Maku sudah lama menaruh hati untuk mince, sejak pandangan pertama di tempat jualan nasi kuning bagadang di suema, pandangan pertama itu, begitu kuat dan terngian ngian dalam ingatan maku, tersimpan dalam bingkai hati maku, apakah ini yang dinamakan jatuh CINTA.  Diam diam maku mengambil foto bak wartawan majalah bobo, jpret-jpret 2 kali foto, zoom 2 kali sehingga wajah mince sangat jelas di foto kamera Maku, bahkan maku  jadikan welpiper di layar depan HP Samsung, ini yang orang ambon bilang Maku ale jelas.e ( maku sangat jelas sekali).

Setiap malam maku, memandang foto mince, ado.e, sambil bernyanyi  oh Tuhan  ku cinta dia, sayang dia, rindu dia. Sayangnya  Mince tidak pernah tahu isi hatinya maku, isi perutnya maku, isi kepalanya maku,walaupun mince tahu, sesungguhnya maku ada taru hati untuk mince ( Sebenarnya mince tahu bahwa maku lagi suka sama mince). Ini  tentang cinta terpendam, cinta tersebunyi dan maku harus nembak mince dong?  Pagi itu, Maku kaget setengah mati, untung belum mati, setelah ia menerima undangan dari mince tentang perihal ulang tahun mince. Datang yah, maku, special juga untuk kamu tertanda mince.  Maku begitu gembira, sambil berlari riang, mencium undangan mince, oh, mince, oh mince,  beta akan  tembak lhu di pesta ulang tahun nanti. Ale (maksudnya mince) lihat saja nanti, sambil memukul dada maku, maku bilang bagini, beta laki laki perkasa, laki laki kabaresi, jangan panggil beta Maku lagi, kalau, mince seng takluk  dalam  dekapan cinta beta, hahaha, persil judul Film Beta Maluku, Kalau dong Tanya se sapa, maka ale jawab Beta Maluku ( kalau mereka Tanya kamu siapa, maka beta jawab Beta Maluku) Maku bilang begitu untuk dirinya sendiri, hmm, kita tunggu tanggal mainnya MAKU.

Tepat tanggal 26 agustus 2017 tepat jam tujuh malam, acarapun di mulai, lagu lagu ambon, mulai dari lagu mitha, sampai oma opa, lagu lagu ambon yang aneh aneh itu, semua taputar ( diputar) di acara ulang tahun mince, mince tunggu moment moment ini, waktu terus berjalan, tik tok tik tok, maku duduk takisu di sudut, jantong tapokul keras, terdengar bisikan dari teman maku, maku.e, ini peluang yang tepat sudah untuk ungkapkan perasaan ale ke mince ( ini adalah waktu yang tepat untuk menyatakan perasaanmu  cintmu ke mince). Maku takut, Tuheng.e ternyata maku bukan takut setan jerawat, bukan takut setan karibo, kuntilanak, atau takut ular, ternyata oh ternyata, MAKU takut menyampaikan cintanya kepada mince, padahal bola bola itu sudah terlihat ( maksudnya peluang peluang itu sudah terbuka lebar), akhirnya pesta pun usai mince gigi jari, mince takuasa menahan air mata, dan lari menuju kamar kesayangnya, prak, pintu tertutup, langsung di tempat tidur manangis, karena maku malu untuk tembak mince, sementara itu  Maku sementara duduk takisu (terjepit) tiba tiba terdengar suara dari belakang, Maku.e “ALE TAKISU KAYA TIKUS TAGEPE saja.e, panako parapuang ( pengecut terhadap perempuan) padahal kalau satu sloki masuk di gargontong maku, tuheng.e, maku pung mulut bakoco ( maksudnya stelah ada stimulus dari sopi maka maku beranikan diri untuk bicara) orang ambon bilang persis kaya professor Tombong gitu.

Istilah  ini banyak sekali kita dengar untuk orang yang sebenarnya pengecut atau tidak berani sehingga orang orang di ambon sering melontarkan istilah takisu kaya tikus tagepe ( terjemahannya terjepit seperti seekor tikus). Istilah ini  dapat di pakai untuk situasi apapun, dan tergantung situasi atau konteks.

Pesan Moral marilah jadi pemuda Maluku yang Kabaresi, berani dalam setiap hal yang positif dan membangun, tampil beda dan penuh percaya diri, jangan orang bilang ale Parsis kaya “TAKISU KAYA TIKUS TAGEPE”

Hmm, kalau orang Tanya kamu siapa? Maka, ale (kamu) bilang Beta MALUKU. Hahahai, tatawa baterek dolo, Anaka Maluku itu harus berani bro.

0 komentar:

Posting Komentar