Selasa, 26 September 2017

ONCO ATAU BONGSO


ONCO  ATAU BONGSO

Dimaluku ada panggilan panggilan tertentu yang menuju kepada esensi dari sebuah keakraban, misalnya  di tanimbar di panggil “IPAR”, sebenarnya  panggilan tersebut tidak merujuk kepada sebuah hubungan pernikahan saja tetapi lebih bersifat hubungan  keakraban. Tujuannya agar ada sebuah persahabatan antara orang dengan orang atau orang dengan kampung, atau kampung dengan kampung.

Dalam keluarga terdapat anak bongso, diurutkan sampai kepada anak yang terakhir maka dalam keluarga biasanya di panggil anak  bongso, bahkan setelah menikahpun, tetap akan di panggil dengan sebutan Mama Bongso, tetapi  hal ini sudah mulai berubah, tidak lagi melihat pada urut urutan anak dalam keluarga, lebih pada sebuah panggilan keakraban, hubungan dan pertemanan.

Dalam hubungan keakraban sebenarnya telah di bangun dengan sebutan Pela dan gandong, saya melihat hal ini lebih bersifat ikatan, atau komitment dalam persaudaraan, dan terbatas dalam hubungan antar pela dan gandong saja. Sejauh yang saya amati  hubungan antar sesama dalam kelompok social khususnya di Maluku sudah mulai terbuka lebar, salah satunya dengan panggilan ONCO atau bongso.

Saya penasaran juga nih dengan kata panggilan “ONCO”, karena sering mendengar panggilan ONCO setelah saya bertanya Tanya kepada beberapa orang  akhirnya saya mendapatkan jawabannya Onco adalah Bongso yang dalam bahasa pergaulan di perhalus dengan sebutan ONCO, artinya tidak sebatas pada arti  harafiah saja, yakni anak  bongso tetapi sudah lebih melebar kepada keakraban. 

Persahabatan itu adalah keindahan dalam hunbungan, kita bisa memanggil setiap orang dengan sebutan apa saja termasuk ONCO.  Seperti  beberapa kutipan indah tentang persahabatan:

  Keindahan persahabatan adalah bahwa kamu tahu kepada siapa kamu dapat mempercayakan rahasia. -    Albert Einstein

Persahabatan itu seumpama laut dan pasir, senantiasa bersama-sama menghadapi pecahan ombak, bersama-sama merasakan lelehan senja, dan saling melengkapi dari masa ke masa. - Aiman Bagea

 Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia. - Friedrich Nietzsche

 Persahabatan itu tidak terbuat dari sesuatu yang besar. Melainkan, dibangun dari hal-hal kecil yang kemudian saat dikumpulkan ternyata menjadi besar. - Tere Liye

 Jangan beli persahabatan dengan harta. Karena ia tidak akan kekal dan jangan beli cinta dengan harta karena suatu saat iapun akan berkhianat. - Jefri Al Buchori

    Burung punya sangkar, laba laba punya jaring, manusia punya persahabatan. - William Blake

Semua kutipan dan kata-kata tentang persahabatan di mulai dengan sebuah panggilan, nah untuk kamu yang mengaku Maluku mari kita ciptakan sebuah hubungan  dengan memulai panggilan yang sangat baik, dari penggilan ini menentukan identitas kita dalam hubungan.

Dari panggilan Onco atau bongso saya menemukan magna yang sebenarnya dari sebuah hubungan yaitu:
1.       Menjalin hubungan yang lebih baik dan terasa sudah seperti keluarga atau hubungan saudara
2.       Telah menciptakan sikap sopan dan santun sehingga ada rasa saling menghormati satu dengan yang lainnya.
3.       Menciptakan sebuah perdamaian lewat persahabatan, karena dengan hubungan yang baik maka terciptannya kerukunan dan kedamaian.

Nah mulai sekarang kita bisa memanggil onco, kecuali untuk mama atau papa, atau orang tua, ingat jangan panggil onco ya..

0 komentar:

Posting Komentar