Kamis, 08 Juni 2017

WANITA BIJAK SANA, BIJAK SINI, SENYUM SANA, SENYUM SINI


WANITA BIJAK SANA, BIJAK SINI, SENYUM SANA, SENYUM SINI,

( cerita ini untuk mengingat kembali sahabat sahabatku Karmon Latuperissa, Fali Kumbangsila dan Petrus Saiya – atau Tifa, Tenga dan Bola).

Tadi waktu  pulang makan siang di rumah, trus lihat lihat foto, ternyata ketemu sama foto aneh, jadi ingat fotonya, foto ini di ambil waktu persiapan acara ulang tahun wanita bethel Indonesia di saumlaki, ceritanya ada tiga perempuan abal abal ( penyamaran) ini adalah nama panggilan mereka dalam acara tersebut, yakomina, welminces dan yakoba, ceritanya mereka sedang diskusi tentang bagaimana menjadi seorang wanita bijak. Berikut ini ceritanya:

Yakomina di perangkan oleh Petrus Saiya
Welminces di perangkan oleh Fali Kumbangsila, dan
Yakoba di perankan oleh Karmon Latuperissa

Yakomina : Wanita bijak itu  diukur dari dandanannnya harus kren abis, biar tetap dicintai suami, pakainnya harus up tu date, fasionnable, modis, bagaya picah picah ( stelnya harus rapih), bibir merah dengan merk termahal, ditambah minyak wangi  isi ulang, hm,harumnya, pasti suami tetap mencintai aku dong, dan pasti setiap hari bilang sayang aku mencintaimu. Itulah wanita Bijak, bijak di dalam keluarga bijak di luar keluarga.
Tidak mau kalah dengan yakomina, welminces menyela, untuk menjadi wanita bijak tidak harus dandanannya bagus. Tetapi,-

Welminces: Wanita bijak itu harus rajin ke mal, shopping, belanjaan semua kebutuhan keluarga, bila perlu satu kontener di bawa pulang, pasti anak senang, papi senang, pembantu  senang dan satu saumlaki ikut ikutan senang juga, itulah wanita bijak.

Setelah melihat dan mendengar  percakapan antara Yakomina dan Welminces, yakoba mulai mutar otak kanannya, terus bilang sama mereka berdua ( yakomina dan welminces) kalian berdua gagal paham, untuk menjadi wanita bijak tidak harus dadananan atau  bagaya ancor panggal ( stelan oke) atau balanja/belanja, shoping keliling saumlaki, kasih habis uang gajian suami, tengah bulan anak anak sudah kalalerang ( maksudnya pertengahan bulan sudah habis uang belanja, sehingga anak anak tidak terusrus), menurut yakoba wanita bijak itu;

Yakoba: Wanita bijak itu harus punya Hp yang bagus, merk samsum, merk apple, dan merk semangka, rambutan  dan lain lain, kalau ada hp saja bisa membangun sebuah hubungan dengan baik, pokoknya hp itu bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, apalagi kalau sama suami, anak dan saya(yakoba) pasti ada kesamaan, duduk di kursi sofa dan semuannya sama sama bisu, pokonya ashik main hp, pasti suami dan anak betah dirumah,hm, itulah wanita bijak.

Karena sudah mengutarakan pendapat mereka yang nyeleneh bin aneh bin ajaib maka,  Yakomina memanggil salah satu pengurus wanita bethel indonesi-saumlaki (ibu maria), menurut ibu wanita bijak itu artinya apa ya? Dari penjelasan ibu dapat di petakan menjadi lima kriteria  wanita bijak.

1.Bekerja- wanita bijak harus bekerja ( kantoran,wartawan,penjual di warung,swasta,pegawai) itu profesi tetapi bekerja yang di maksudkan disini adalah bekerja untuk rumah tangga nya, dengan menyediakan sarapan pagi, siang dan malam, membantu suami dalam bekerja dalam rumah tangga), Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi bagikan tugas kepada pelayan pelayan perempuan, Ia tahu bahwa pendapatannya menguntungkan, pada malam hari pelitannya tidak padam, Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal.

2.Menjaga Kekudusan- Dalam arti luas, Menjaga kekudusan bukan hanya menjaga keperawanan, tetapi juga menjaga apa yang kita lihat, dengar dan ucapkan. Kekudusan hanya bisa didapat dari Allah yang Kudus. Jadi hubungan dengan Tuhan sangat penting, untuk menjaga kekudusan. Semua Firman Allah adalah murni.Ia adalah perisai bagi orang orang yang berlindung padannya, orang yang mencintai hikmat mengembirakan ayahnya, tetapi siapa yang bergaul dengan pelacur memboroskan harta

3.Peduli dengan orang lain-Jadilah wanita yang baik untuk mendengarkan keluhan orang lain, ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajarannya yang lemah lembut ada di lidahnya, dengan memberikan perhatian, berupa motivasi dan membantu dalam kasih menciptakan rasa kepedulian yang tinggi, Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semuanya, kemolekan adalah bohon dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan Tuhan akan di puji-puji.

4.Murah Hati-Sebuah ketuluhan kasih yang muncul dari dalam hati karena sebuah belas kasihan kepada orang lain,lingkungan dan social, Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji muji dia di pintu – pintu gerbangnya, anak anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia,

5.Memancarkan Kasih Tuhan-Salah satu kriteria dari wanita bijak yang terakhir adalah memancarkan kasih yang sempurna dari Tuhan, Biarlah orang lainmemuji engkau engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan dari bibirmu sendiri, kebaikan kebaikannya akan di ceritakan di pintu pintu gerbang, ia akan menjadi kebanggaan bagi leluhur dan sebuah generasi.

Itulah wanita Bijak, Dangke Wanita Bethel Saumlaki-Disinilah hubungan  dan persahabatan di bangun, jangan lupa ya. RAKERDA WBI di Saumlaki, kalian bisa…

Untuk Yakomina, welminces dan yakoba pikirkan ini kembali devenisi wanita bijak

0 komentar:

Posting Komentar