Rabu, 07 Juni 2017

REPARASI


REPARASI

Terletak di pasar omele, reparasi lae Sandy P. Manulang, inilah rumah reparasi untuk barang barang yang mengalaami ganguan ataupun mengalami kerusakan.  Apabila barang elektronik anda berupa tv, computer pc, radio dan barang elektronik lainnya mengalami ganguan, nah, ada ahli reparasinya atau dalam bahasa yamdenanya ( maksudnya inggris) repairman, repairman artinya adalah tukang reparasi barang, artinya kerjanya memperbaiki barang barang yang mengalami ganguan atau kerusakan, nah untuk lae Sandy ahlinya elektronik.

Sementara lae sandi  memperbaiki barang barang elektronik yang ganguan, saya bertanya kepada lae sandy, kalau  untuk pc ini (saya menunjuk kepada pc yang rusak) dan bertanya kepada lae sandy, apanya yang ganguan? Motherboardnya lae. Oh gitu yah, lae sandypun menjelaskan, apabila salah satu dari fungsi pada PC/personal computer mengalami ganguan makaakan mempengaruhi fungsi fungsi yang lain. Karena penasaran sayapun mencoba untuk cari tahu fungsi dari motherboard tersebut. Berikut ini fungsi dari motherboared.

Fungsi Motherboard - Adalah sebagai sentral atau pusat bagi semua perangkat keras lainnya seperti: RAM, Harddisk, Prosesor, Keyboard, Mouse, Optical Drive, Layar ( Monitor ), serta semua perangkat keras yang terpasang dan dihubungkan dengan Motherboard itu sendiri agar semua perangkat-perangkat keras tersebut bisa saling berhubungan dan membentuk sebuah sistem kerja yang disebut komputer.
Reparasi artinya adalah perbaikan atas kerusakan, sedangkan ahlinya di sebut ahli reparasi dan yang dilakukannya adalah service atau pelayanan, dengan tujuannya agar barangnya yang rusak tadi bisa diperbaiki dan menjadi baik. Dari penjelasan di atas saya akan menulis tentang reparasi dalam konteks pelayanan public.

Reparasi Dalam  pelayanan Publik.

Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan.

Apabila dalam sebuah pelayanan public personal servicenya yang bekerja di luar sebuah regulasi atau sop ( standar operasional pelayanan) maka pelayanan tersebut mengalami kendala dan secara fungsi akan mempengaruhi jenis pelayanan lainnya atau fungsi yang lainnya, sehingga kita perlu memperbaikinya, meluruskan kembali. Kerusakan pada pelayanan public, bukan saja di lihat pada sistemnya, tetapi kepada personal servicenya, karena personal service mempunyai kontribusi yang banyak dalam  pelayanan public tersebut

Pertanyaannya adalah siapa yang mempunyai kewenangan untuk melakukan repairman? Apakah leader atau  pribadi dalam hal ini adalah individu? Dalam strutur sebuah organisasi/perusahan kewenangannya ada pada leader dengan melihat kepada dua fungsinya antara lain:

1.Fungsi administrasi, yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya.
2.Fungsi sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan planning, organizing, staffing, directing, commanding, controling, dsb.

Sedangkan repairman pada personal lebih bersifat efaluasi terhadap perilaku, etika dan moral tujuannya adalah untuk  refolusi mental sehingga mempunyai dampak atau pengaruh terhadap pelayanan public tadi.

Reparasi dalam pelayanan public sangat di butuhkan dengan tujuan sebagai berikut:

1.Memperbaiki mentalistas bos menjadi seorang pelayan masyarakat dengan etos kerja yang baik
2.Memperbaiki fungsi yang rusak menjadi fungsi  yang manajerial  sehingga tidak menghambat kepada kerusakan fungsi yang lainnya.
3.Memperbaiki hal yang subtansial  pada kerusakan yang sebenarnya adalah sebuah tindakan prefentif dini.

Sebelum pamit kembali ke kantor, lae sandy, bilang begini,  kesalahan pada satu fungsi saja dapat mempengaruhi fungsi fungsi yang lainnya, maka kita harus tahu letak kerusakannya dan memperbaikinya, hm, itulah lae sandy sang ahli REPARASI.









0 komentar:

Posting Komentar