Senin, 11 April 2016

SAMPE OMA OPA


SAMPE OMA OPA
By.P.Saiya

“Bahagia selamanya sampe oma opa, Seng bisa bilang lai nyong ee.. sayang.” Inilah lirik lagu yang lagi popular di Indonesia timur khususnya di ambon, lagu dengan judul asli adalah paleng bae, penciptanya adalah Cevin Syahailatua dan yang menyanyikan adalah Mona Latumahina. Sangat Romantis bro, coba kita lihat lebih dalam lagi liriknya “Ada di mana sayang, Jang sampe talat makang, Seng bisa bilang lai, nyong ee, Beta pung sayang, Dalam hidop ini, Cuma ale yang tau beta pung hati, Beta slalu minta. Pesan – pesan dalam lagu ini sepertinya mereka masih pacaran, sangat  posesif banget, sampai nanya – nanya ada dimana? Sudah makan atau belum? Hanya ale ( anda) ada didalam beta pung hati, pokokke tidak ada yang lain di hati ini. Situasi ini semua orang  yang  merasa muda pernah mengalaminya, ini yang disebut dengan jatuh cinta. Saya membagikan dalam tiga tahapan sampai pada level Oma Opa.
Masa Pacaran:
Menurut kamus Wikipedia  adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut..”
Menurut defenisi lain lewat  sumber INILAH.COM, Jakarta menyebutkan “Jatuh cinta adalah perasaan luar biasa yang sering sulit dipahami manusia. Namun, kebingungan itu mulai sirna, karena para ilmuwan sudah menentukan apa arti jatuh cinta.
Sepenggal arti ini telah di paparkan oleh seoarang ilmuan yang bernama  Helen Fisher Studi yang dipimpin antropolog Helen Fisher dari Rutgers University dan merupakan salah satu ahli terkemuka di dasar biologis cinta ini mengungkapkan, otak jatuh cinta merupakan fase masa unik dalam yang waktu jelas dan ada 13 tanda untuk itu.
Saya akan mengutip salah satu tanda  dari 13 tanda dari Helen Fisher yang disebut dengan catuh cinta, “ia menyebutkan Pertama, dia orang spesial. Saat sedang jatuh cinta, Anda mulai berpikir kekasih Anda adalah unik. Keyakinan ini ditambah dengan ketidakmampuan untuk merasakan gairah romantis pada orang lain.
Saya sangat setuju dengan Helen Fisher pada saat anda jatuh cinta kekasih anda adalah yang paling unik dari semua bidadari yang pernah anda temui dan jumpai di MCM atau ACC ( nama-nama Mall di Ambon). Tidak termasuk bidadari yang jatuh dari surga. Semua perasaan menjandi satu, perasaan Posesif dan Kompilasi emosi semuanya menjadi begitu cetar membahana. Semua orang yang sudah tua bangkah            ( bengkak) pernah mengalaminya masa anugerah ini. Tapi tidak cukup sampai di sini saja perasaan ini di eksplorasi dan dieksploitasi, hahaha bahasa Viky Prasetyo di bawa-bawa sampai pada tahapan yang kedua yaitu masa Pernikahan.

Masa Pernikahan:
Situasi  pernikahan tentunya berbeda dengan masa Pacaran, pernah anda mendengar sebuah ungkapan tentang Pernikahan 1 s/d 3 tahun, tahun pernikahan pertama istri cerewet suami diam, tahun pernikahan kedua suami cerewet istri diam, tahun pernikahan ketiga suami dan istri sama-sama cerewet tentangga mendengar. Setelah lahir anak pertama situasi sudah mulai  berubah lagi, apakah mereka masih saling Calling dan mengingatkan seperti lagu ambon tadi.” Ada di mana sayang, Jang sampe talat makang, Seng bisa bilang lai, nyong ee, Beta pung sayang, Dalam hidop ini, Cuma ale yang tau beta pung hati, Beta slalu minta. Saya jamin 75 persen keadaan sudah mulai berubah. Setelah kelahiran anak pertama keadaan fisik sang istri lambat laun sudah mulai berubah, kalau dulu masa pacaran pakai bajunya sesuai model, dan seksi banget tetapi setelah menikah bajunya sama dengan ibu-ibu di nusantara ini yaitu DASTER KL alias belinya di Kaki Lima dan  waktu pacaran farfum yang paling cocok dan aromanya oke saya rekomenadasikan  farfum Alien By Thierry Mugle spesifikasinya Aromanya kuat dan tahan lama pastinya akan cocok buat kamu yang punya banyak aktifitas diluar. Parfum Alien dari Thiery Mugler ini memiliki wangi white floral, Mungkinkah farfum ini yang digunakan sewaktu pacaran dulu? Saya tidak tahu coba tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang.  Tetapi setelah menikah dan punya anak satu plus istri hamil tua baunya atau oromanya tidak seperti farfum Alien By Thierry Mugle, farfumnya aromanya mirip bau kangkun tumis. Apakah anda masih tetap yakin tentang komitmen pernikahana mereka sampai Oma Opa. Di negara-nega maju seperti Amerika Serikat juga memiliki tingkat perceraian yang lumayan tinggi. Sebuah sumber menyebutkan bahwa setengah pernikahan di Amerika Serikat berakhir dengan perceraian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini lima penyebab utama terjadinya perceraian, sebagaimana dikutip dari situs ehow.com. Berikut salah satu kutipan dari 5 hal penyebab terjadi perceraian,” Perselingkuhan adalah penyebab kedua terbesar perceraian. Sekitar seperempat kasus perceraian disebabkan oleh salah satu atau bahkan mungkin keduanya tidak setia satu sama lain. Sebuah penelitian menyebutkan sekitar 25% pria beristri doyan selingkuh, dalam hubungan jangka pendek maupun jangka panjang.

Apakah anda masih tetap menelpon dia dan mau menyampaikan,” .” Ada di mana sayang, Jang sampe talat makang, Seng bisa bilang lai, nyong ee, Beta pung sayang, Dalam hidop ini, Cuma ale yang tau beta pung hati, Beta slalu minta. Apakah hal ini sudah berubah, benarkah dia masih ada didalam hatimu? Atau kah? Jawablah sendiri.

Masa Tua Bahagia Sampe Oma Opa:
Saya ulangi lirik ini kembali,” Beta slalu minta, Tuhan mau satukan katong dua, Bahagia selamanya sampe oma opa, Seng bisa bilang lai nyong ee.. sayang. Pada Fase ketiga adalah fase keemasan, fase yang pertama saya sebutkan adalah fase anugrah karena kita di berikan perasaan cinta dan jatuh cinta, fase kedua adalah fase proses untuk menentukan apakah kita bisa memasuki bagian yang ketiga  yakni fase sampai OMA dan OPA. Saya akan menutupnya dengan Tulisan dari Ir.Jarot Wijanarko”

AKU MENERIMA DIA APA ADANYA” Sepasang suami istri yang sudah tua terlihat harmonis duduk disebuah taman, lalu datanglah seorang pria yang tampak kusut seperti habis bertengkar dengan istrinya. Pria itu bertanya kepada pasangan tua itu bertanya : " Koq bisa ya kalian harmonis sampai tua?" kata pria itu.
Si-Kakek menjawab : "Dulu kamipun sering dilanda masalah dan bahkan hampir bercerai !" "Apakah rahasianya anda sampai mencintai istri anda? " tanya pria itu penasaran. Si-Kakek menceritakan bagaimana ia mengencani Si-Nenek sejak dulu, dia selalu menolak sikakek, sinenek selalu mengejar pria yang lebih tampan, bahkan sikakek diabaikan. Sampai suatu waktu karena kegigihan saya, akhirnya kami jatuh cinta, tak lama berpacaran, kami menikah.
Namun pernikahan itu ternyata tak seindah yang kami bayangkan, banyak permasalahan kecil menjadi besar, dan besar bertambah besar ! Suatu ketika aku menonton sebuah kuis di TV yaitu kuis untuk mengetes pasangan kita, kita diharuskan menuliskan kebiasaan pasangan kita. Kami pun sepakat diam-diam dirumah menuliskan masing-masing kejelekan pasangan, sinenek menulis di ruang tamu, aku menulis dikamar. Ketika aku menemuinya, sinenek siap dengan hampir 5 halaman buku tulis kejelekan-kejelekan diriku, aku juga membawa hampir lima lembar, tapi tak satupun yang kutulis, alias kosong!" "Hah? Kosong, kenapa?" Pria itu penasaran.
Aku menghormati istriku, dan harus mengalah padanya, tak apa dia menulis kejelekanku, tapi bagiku istriku adalah pilihanku, pilihan yang telah kupilih, baik atau buruk aku harus menerimanya, makanya aku hanya satu kata di tiap lembar. Kalau di gabung kelima kata itu AKU MENERIMA DIA APA ADANYA." Kata kakek itu
"Benar, dia tidak menulis kan kejelekanku, dan akupun langsung merobek semua catatan-catatan itu, aku semakin mencintainya sikapnya ksatria mau mengalah demi saya" timpal Si-Nenek .
Pria tersadarkan selama ini merasa memaksakan egonya terhadap istrinya, sehingga sering bertengkar, kini ia tau rahasianya menjadi harmonis, yaitu salah satu harus mengalah, dan pria memang harus mengalah. "terimakasih kek, aku akan pulang dan baikan dengan istriku !" kata pria itu langsung pergi pulang kerumahnya.
Ha ha mengalah bukan berarti kalah, dalam keluarga, kadang kalau kita tidak mengalah maka kehancuran akan terjadi, pikiran sebijak apapun jika sudah didalam keadaan emosi kadang tidak terkendali, maka hendaknya pikirkan sebelum anda bertindak, buang ego dan kemarahan terutama diri sendiri, mari jadikan pemenang diri sendiri.

Apakah anda yakin bisa melewati proses ini, ingat lho di kantor perempuanya cantik, laki-lakinya ganteng, mapang lagi, ingat lho di Mall banyak yang cantik-cantik, oh ia rumput tetangga lebih hijau lho. Sembari  tetap berjalan sambil melewati getirnya kehiduapan akhirnyasaya menoleh ke sampingnya dan mengulangi perkataan Mona Latumahina,” Beta slalu minta, Tuhan mau satukan katong dua, Bahagia selamanya sampe oma opa, Seng bisa bilang lai nyong ee.. saying. Sayang kita berdua sudah melewatinya.

3 komentar:

  1. Lirik Lagu Ambon juga bagus- bagus gan kalau ada tolong dimasukkan juga ya.

    BalasHapus
  2. Makasi untuk masukannya, nanti saya usahakan..makasi

    BalasHapus
  3. Bahasa indonesia nya apa ya.??soal jya aku org ambon ga tau artinya hehehehe

    BalasHapus