Selasa, 12 April 2016

Jelski” – Jelas Sekali


“Jelski” – Jelas Sekali
By.P.Saiya

Kata  je·las  artinya adalah a 1 terang; nyata; gamblang; mintalah yang -- tentang hal itu; 2 tegas; tidak ragu-ragu atau bimbang (tentang sikap): ia tidak mempunyai pendirian yang -- dalam persoalanitu;

1. 1 terang (kelihatan, kedengaran, dsb); jelas sekali; kentara: huruf dl buku itu tidak -- sehingga sukar dibaca; 2 benar-benar ada; ada buktinya; berwujud: tunjukkan kasih sayangmu dng tindakan --; 3terbukti: makin lama makin -- kecurangannya; 

Sebenarnya di Indonesia ahli bahasa gaul Debby Sahertian  sering populerkan bahasa-bahasa gaul tersebut dan  penggunaan bahasa gaul ini-menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosa-kata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama Kamus Bahasa Gaul pada tahun1999. Walaupun era bahasa gaul sudah mulai ketinggalaan setelah  tenggelamnya bahasa gaul (prokem) baik menurut Wikipedia Bebas maupun versi Debby Sahertian kini sekarang timbul bahasa yang sejak tahun 2000-an ini menjadi primadonanya. Apalagi saat ketika sedang berdialog dan bercakap-cakap. Walau kurunnya berbeda dalam sikon dan waktu. Hanya yang membedakan di wadahnya saja. Tapi sebelum saya lebih mengenai wadahnya kiranya Anda harus tahu penjabaran dari istilah bahasa alay itu sendiri. Bahasa alay menurut Wikipedia Bebas adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja diIndonesia.

Kenyataannya dikalangan masyarakat umum sering juga mengunakan bahasa gaul dan alay juga sering mengabungkan dua kata tersebut menjadi satu misalnya kata “Jelas Sekali” di singkat menjadi Jelski. Pada tahapan ini pengunaan kata gaul,alay maupun penggabungan dua kata sudah tidak relefansi dengan usia seseorang artinya siapa saja bisa mengunakan kata-kata dimaksud. Kata Jelski atau jelas sekali sangat terkenal di ambon termasuk TANIMBAR juga lho, kata ini akan dihubungan dengan keadaan atau perilaku orang tertentu walaupun keadaan orang tersebut bersifat negative atau positif saya tulis yang positivnya aja.

Kongkritya begini bro, saya akan menjelaskan beberapa situasi, yah hanya Tiga mengenai  pengunaan kata jelski-jelas sekali,  Situasi Pertama misalnya ada seseorang yang sudah lama hilang, bukan diculik bro, maksud saya ia tidak tahu dimana rimbanya, tiba-tiba memposting foto atau menggatikan foto profilnya yang kelihatan cantik padahal banyak editan dengan camera B 360 dengan sedikit agak alay dan gaul teman – teman Pasbok ( Facebook) mulai memberikan komentar. Koment – koment memang berkisar tentang cantik..e, seksi sekali dan masih banyak lagi dari beberapa kata tersebut pasti akan ditemui kata, misalnya kaka mince Jelski.e ( artinya kaka mince jelas sekali.e) hahaha mince jangan tersingung yah.intinya  substansi dari kata jelski sudah termuat didalam koment-koment tersebut.

Situasi kedua penggunaan kata Jelski adalah ketika seseorang telah mengalami perubahan status social, misalnya di promosikan menjadi manajer kacang dua kelinci yang awalnya dia orang biasa-biasa saja, nah disinilah kata tersebut dipakai” wah bapak jelski-jelas sekali. Jelas sekali menurut saya adalah orang yang mengalami perubahan dalam bentuk apa saja, perubahan dalam status social, perubahan dalam penampilan atau mempunyai pacar baru, maaf tidak termasuk selingkuhan.

Situasi ketiga penggunaan kata Jelski adalah sesorang mempunyai barang baru, misalnya mobil baru, hp baru, laptop baru, PC baru, batu bacan baru, sepatu baru, pacar baru, penampulan baru, baru jadi anggota  dewan atau masuk anggota partai. Orang yang ketemu sama orang teersebut pasti akan mendapakan komentar Ale Jeslki ( anda jelas sekali)

Dengan demikian jelski atau jelas sekali dapat disimpulkan adalah seseorang yang telah mengalami sebuah perubahan dalam bentuk apapun tidak termasuk berubah menjadi satria baja hitam. Pantaslah kata tersebut dipakai seperti sebuah penghormatan atau ucapan selamat kepada seseorang yang telah berhasil atau mengalami perubahan.

Andapun setelah membaca tulisan saya ( P.Saiya) saya mau bilang anda itu jelas sekali, jelas banget, jelas cantik, jelas ganteng, jelas oke, jelas menarik, jelas hebat. Semuanya untuk lah……

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sastra. Sastra merupakan sesuatu hal yang menarik dan dipahami isinya. Saya memiliki beberapa penjelasan sederhana mengenai sastra yang dapat dilihat di www.lepsab.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  2. makasi untuk masukannya, sori baru balas, nanti saya lihat, kalau ada komunitas sasra, biar saya gabung juga. makasi

    BalasHapus