Minggu, 13 Maret 2016

ORANG AMBON BAWA BECAK



ORANG AMBON BAWA BECAK
( P. Saiya )

Sebuah filosofi atau kebiasaan hidup yang terbentuk sejak awal membentuk karakter yang telah menjadi sebuah pola, sebut saja cimot yang terbiasa dengan karakter genggsi yang sangat tinggi dan kuat untuk melakukan suatu pekerjaan yang tidak biasa ia lakukan, misalnya membawa becak, hal ini sangat bertentangan dengan ego dan genggsi yang menyatu menjadi sebuah paradigma yang kita sebut dengan malu hati. Bagaimana caranya agar cimot yang merupakan sebuah reprensentatif dari orang ambon yang tidak terbiasa membawa becak ( biar lebih jelas bro, saya sebutkan dengan mengendarai becak).

            Antony robins dalam bukunya dengan judul :”bangunkan kuasa raksasa dalam diri.” memberikan kita sebuah spirit bahwa sesungguhnya ada banyak potensi yang kita bisa lakukan atau kerjakan. Tetapi menurut pendapat saya, bahwa hal-hal besar akan tercapai bila kita mulai dengan hal-hal kecil. Sebuah pertanyaan kecil yang sangat mengelitik di hati saya, kalau begitu bagaimana caranya agar cimot bisa membawa becak? Apakah anda bisa membantu saya dalam menjawab pertanyaan ini? Saya pun tidak bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan ini.

            Peristiwa kemanusian yang pernah terjadi di tanah maluku, secara faktual dan real menjadi babak baru dari pertanyaan diatas:” Kapan cimot / orang ambon bisa bawa becak.”   lewat proses yang keras dan penuh tantangan pada akhirnya Cimot / orang ambon bisa bawa becak. Mari, bangkit  dan letakan buku ini sejenak dengan saya kita beri sebuah aplous yang meriah untuk sebuah penghancuran  dari kesombongan yang telah di gantikan dengan sebuah kerendahan hati.

            Di bawa terik matahari yang menyinari cimot yang telah berhasil membawa sebuah becak, walaupun kulit menjadi hitam dan tidak terurus, namun ada sebuah kebanggaan tersendiri bahwa cimot telah mempunyai penghasilan sendiri, cimot telah berani merubah sebuah kebiasaan lama. Cimot mulai mengayuh becaknya dari jalur – jalur khusus yang di tetapkan dinas perhubungan dan polantas ambon. Semua mata memandan ke arah cimot dan sambil berguman dalam hati, akhirnya orang ambon bisa bawa becak.



Sebuah Refleksi: filosofi atau kebiasaan hidup yang terbentuk sejak awal membentuk karakter yang telah menjadi sebuah pola.




0 komentar:

Posting Komentar