Kamis, 10 Maret 2016


GENERASI SOPI
(P. Saiya)

Sopi adalah minuman tradisional di daerah bagian timur Indonesia termasuk di maluku, sopi sebenarnya berasal dari istilah bahasa Belanda, Zoopje, yang berarti alkohol cair minuman sopi berasal dari hasil fermentasi Arenga pinnata yang telah mengalami destilasi. Cara pembuatannya sederhana, air sadapan dari pohon aren atau yang biasa di sebut Sageru, dibubuhkan bubuk akar Husor yang telah ditumbuk. Maksudnya agar air sageru tersebut tidak menjadi   manis dan mengental sehingga menjadi gula merah ketika dimasak dalam proses pembuatan Sopi. Air sageru akan  di masak dalam sebuah tungku kedap udara. Kemudian Uapnya yang berubah menjadi zat cair dialirkan ke dalam batang bambu dan di tampung dalam botol, itulah yang disebut Sopi.

Sopi Dalam Tradisi
Sopi dalam kultur atau tradisi adalah sebagai alat untuk klaim kebersamaan, atau untuk menyelesaikan suatu problem yang terjadi dalam satu keluarga, marga atau soa bahkan persoalan konflik yang terjadi antara satu desa dengan desa yang lain. Tradisi  dengan mengunakan sopi sebagai bagian dari acara-acara adat sangat mengkultuskan kebiasan-kebiasan ini. Seperti istilah adat yang di pakai dalam tradisi tanimbar yaitu sumbat botol, sebuah botol yang berisi sopi kemudian penutupnya di sumbat dengan uang, tradisi ini bertujuan untuk praktek jual beli, atau penyerahan sebidang tanah atau harta yang esensi  dan keabsahaannya begitu kuat yang  dianggap sah dalam praktek adat di maksud. Seperti pada Praktek Jual beli yang berlaku pada Hukum Positif  di anggap sah dan kuat.

Sopi Dalam Pergaulan:
Dalam konteks masyarakat modern sopi mempunyai peran khusus, biasanya dipakai selingan dalam acara pesta, biasanya dalam pesta pernikahan, ulang tahun dan bahkan acara pergantian tahun.  Kadang kalau seseorang ingin lebih percaya diri dan bicaranya lebih lancar, ia harus menegak minuman sopi. Pergaulan diambon umumnya mengunakan sopi sebagai tanda persahaban. Bahkan ada lagu dengan judul “Satu sloki dua sloki. Walaupun isinya saya belum pernah mendenganya tetapi pasti sopi yang disajikan.

Saya pernah bertanya bisakah dalam tradisi adat, sopi di konversi atau di gantikan dengan susu campur ovaltine, kalau di bandingkan dengan nilai gizi susu ovaltine jauh lebih tinggi gisinya. Namanya sebuah tradisi tidak bisa ditinggalkan. Satu takaran dengan ukuran yang sebenarnya pasti akan  menghangatkan badan serta menambahkan stamina tubuh, benar tubuh kita memerlukan arkohol tetapi dalam jumlah yang banyak pasti akan mengalami jurus mabuk, selanjutnya anda sendiri yang melanjutkannya.

Sopi melambangkan kebesaran seorang laki-laki?  Kalau anda tidak minum sopi, anda  akan di cap banci, padahal banci  sendiri juga minum sopi, hoax, anda kena jebakan batman bahkan yang lebih gila dan aneh, sopi di campur dengan bahan lainnya istilah kerennya dioplos, minum sopi campur spirtus, saya jamin satu  jam lagi dari mulut anda akan  keluar api.

Walaupun sopi sudah dilarang dan sering di razia  oleh petugas berwenang tetap saja sopi tidak bisa di berantas, ada nilai ekonomi antara produksinya dan pembeli sehingga saya mendengar pernyataan berikut ini, “ Anak saya jadi orang sukses karena menjual sopi.” Mungkin ada benar juga karena satu-satunya mata pencariannya adalah menjual sopi, sehingga klaim ini sangat sacral untuk ditinggalkan. Paradoks dengan yang meminumnya sehingga dapat menyebabkan kerusakan moral dan social.

Saya pernah mencoba minum sopi ketika saya masih duduk di bangku sekolah, sekedar mendapatkan sensasi dari minuman tersebut katanya, pada saat saya minum sopi akan menjadikan saya berani ( berani untuk berkenalan dengan pucuk, hahahaha)  Ternyata hoax, pernyataan  itu hanyalah bohon belaka, ternyata saya semakin berani untuk membuat onar bahkan mau berkelahi, sehingga orang di ambon sering bilang kalau mabuk,”pulang tidur dulu,” apa maksudnya karena kalau minum sopi terlalu banyak pasti mabuk dan ribut, lebih baik pulang tidur. Pernah saya melihat seseorang yang minum sopi kemudian mabuk berat, ia tertidur dijalan bahkan teriak-teriak dan makian. Hm anda pasti berpikir dia seperti orang gila.

Pada perjamuan pesta baik acara nikahan maupun pada acara ulang tahun biasanya ada orang tertentu atau sudah menjadi kebiasan terlebih dahulu minum sopi untuk menambah gairah dan keberanian dalam acara pesta tersebut, bahkan akan berakhir dengan perkelahian yang dapat menyebabkan pesta bubar.

Sopi Dalam Kajian Ilmiah:
Dalam satu “JURNAL ILMIAH” yang saya baca dengan judul  “Pengaruh Pemberian Minuman Tradisional Arak Ambon (Sopi) Terhadap Spermatozoa Tikus Sprague Dawley (Tikus Putih)” Oleh: Syahran Wael M.Si.Med). Penelitian eksperimental dengan rancangan Post test only control group design. Tikus Spraguey dawley terdiri dari 18 ekor dan dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Perlakuan pertama diberi sopi sebanyak 4 ml/hari, perlakuan kedua diberi sopi 4 ml/hari selama 16 hari kemudian dilanjutkan dengan pemberian aquades selama 17 hari. Uji beda untuk motilitas spermatozoa menggunakan Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan Uji Mann Whitney, sedangkan jumlah spermatozoa menggunakan uji One Way Anova.

Hasil: Nilai rata-rata motilitas pada kelompok perlakuan sopi (21.67) lebih rendah dari kontrol (46.67) dan perlakuan sopi+aquades (36.67). Hasil uji Kruskal-Wallis (p=0.015) terdapat perbedaan yang bermakna (p<0.05). Sedangkan nilai rata-rata jumlah spermatozoa pada kelompok perlakuan sopi (145.83) lebih rendah dari kontrol (187.50) dan sopi+aquades (145.83). Hasil uji One Way Anova (p=0.281) tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p>0.05). Kesimpulan: Pemberian minuman tradisional (sopi) pada tikus sprague dawley terjadi penurunan motilitas dan jumlah spermatozoa.  Dengan Kata kunci: motilitas spermatozoa, jumlah spermatozoa. 

Saya mencoba mencari tahu arti dari penelitian dalam informasi jurnal ilmiah dimaksud ternyata Kesimpulan: Pemberian minuman tradisional (sopi) pada tikus sprague dawley terjadi penurunan motilitas dan jumlah spermatozoa.  Dengan Kata kunci: motilitas spermatozoa, jumlah spermatozoa. Arti kata dari Motilitas adalah kemampuan untuk bergerak. Istilah ini diterapkan untuk hal-hal seperti kontraksi otot polos yang menyebabkan usus berkontraksi atau gerakan ekor sperma yang memungkinkan untuk berenang. Sedangkan arti kata dari spermatozoa adalah sper·ma·to·zoa/spĂ©rmatozoa/ n Biosel mani yg apabila masuk ke dl sel telur bisa menimbulkan pembuahan; sel jantan. Artinya adalah penurunan fungsi agresifitas motilitas pada spermatozoa. Dan menurut saya bukan saja efek pada peneltian tersebut tetapi secara rohani tanpa kita sadari pada saat kita minum sopi dan sudah menjadi gaya hidup, maka  sebenarnya kita sementara menciptakan penyakit dalam Tubuh kita yang selanjutnya kepada generasi selanjutnya. Apakah ini di sebut dengan generasi sopi.

Sopi dalam Hukum Positif:
Peraturan President (Pepres) No.74 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permenndagri) No.6  tahun 2015, terkait pembatasan minuman berarkohol. Regulasinya begitu oke tetapi implemtasinya tidak oke, karena Sopi sudah menjadi popular di Maluku. Tidak sedikit Tokoh agama telah menyuarahkan agar berhenti untuk minum Sopi tetapi hal ini sulit untuk ditinggalkan. Seperti Kutipan Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Wilayah Maluku, Abidin Wakano mengatakan, sopi (minuman keras tradisional Maluku) harus ditertibkan. Sehingga tidak diminum disembarang tempat, terutama di tempat umum.( republika.co.id-ambon)

Sopi Dalam Refleksi:
Pada saat seorang bapak lagi ashik minum sopi dengan teman atau sahabatnya yang disaksikan langsung oleh anaknya, secara langsung ia sementara mengajarkan bagaimana caranya agar kelak anaknya dapat minum sopi lagi, maka orang pasti bilang “Generasi Sopi,” benar sebuah istilah dari Samuel Smiles,” "Taburkan pemikiran, Anda akan menuai tindakan; Taburkan tindakan Anda akan menuai kebiasaan; Taburkan kebiasaan Anda akan menuai karakter; Taburkan karakter Anda akan menuai tujuan hidup. Apakah tujuan hidup kita?

Sebagai seorang ayah saya tidak bisa melihat bagaimana masa depan anak saya? Bagaimana masa depannya? Apakah ia akan menjadi orang berhasil atau tidak? Tetapi hari depan anakku  cemerlang dan pasti sukses. Keberhailan anakku   ditentukan dari didikan yang aku berikan untuknya. Baruck Haba B’shem Adonai Saiya  Pasti menjadi orang yang berhasil untuk generasinya.

Pikirkan kembali kebiasan – kebiasan hidup kita, dalam tulisan ini saya tidak menyudutkan para pembuat sopi bahkan peminum sopi, saya hanya menawarkan tentang arti dari kehidupan kita yang sebenarnya.
Refleksi: "Taburkan pemikiran, Anda akan menuai tindakan; Taburkan tindakan Anda akan menuai kebiasaan; Taburkan kebiasaan Anda akan menuai karakter; Taburkan karakter Anda akan menuai tujuan hidup. Samuel Smiles,”

Referensi:
http://sekilasinfobuku.blogspot.co.id/2013/08/resume-buku-meraih-sukses-sejati.html
Jurnal Ilmiah: yang saya baca dengan judul “Pengaruh Pemberian Minuman Tradisional Arak Ambon (Sopi) Terhadap Spermatozoa Tikus Sprague Dawley (Tikus Putih)” Oleh: Syahran Wael M.Si.Med).

0 komentar:

Posting Komentar