Sabtu, 01 Maret 2014

BALAGA INTI



BALAGA INTI
By. P. Saiya
Pernakah anda mendengar istilah  tersebut,” Balaga Inti” jangan bilang belum pernah mendengar bung! Kata Balaga inti, sebenarnya tidak terdapat dalam Kamus besar bahasa indonesia, tetapi magnanya sama, misalnya konotasinya untuk kata balaga inti artinya merasa dirinya lebih hebat dari orang lain.   Duduk tenang dan manis, jangan tanggalkan buku kramat ini bro, biar saya jelaskan lebih banyak lagi. 

Balaga inti itu adalah tipe seseorang yang seolah-olah dapat melakukan segala sesuatu, padahal  menurut  Syair yang ditulis oleh Edward Everett Hale,”Saya hanya satu, dan saya tetap Saturday saya tidak bisa melakukan segala sesuatu.Tetapi saya bisa melakukan sesuatu, dan karena saya tidak bisa melakukan segala sesuatu, Saya tidak akan meolak untuk melakukan sesuatu yang bisa saya lakukan. Orang ambon bilang orang yang balaga inti adalah orang yang sombong. Balaga inti adalah seseorang yang merasa dirinya punya hubungan dekat dengan orang penting, misalnya ia dekat dengan Gubernur, dekat dengan Bupati, dekat dengan Camat, dekat dengan Jokowi, dekat dengan manajer PT. Angin Ribut. Mungkin anda protes sama saya, hal ini bisa saja terjadi kita menemukan  typekal orang – orang seperti itu, yah memang bisa saja bung! Ada orang yang bergaul sangat bagus sehingga ia banyak mendapatkan banyak teman dan sahabat termasuk orang – orang penting. 

Balaga inti adalah type orang yang setiap kali ada orang lain yang mempunyai masalah, ia sok inti gitu lho, ia merasa bahwa dialah yang dapat menyelesaikan masalah orang lain. Mirip Suparman, ets maksud saya Super Man. Waktu  dia datang aja, orang – orang sudah pada bilang, ijinkan saya pakai istilah orang ambon, bunyinya begini,” woe jang talalu balaga inti” ( artinya woe jangan terlalu merasa diri inti). Balaga inti adalah type orang yang tanpa di mintakan berpendapat ia langsung memberikan pendapat,    ia sudah lebih dulu memberikan pendapat, padahal pendapatnya  talamburan ( artinya pendapatnya tidak masuk akal).

Balaga inti adalah type orang yang sok-sok jaga wibawa gitu lho, misalnya di  depan pejabat, dia balaga dekat dan sok kenal gitu lho ( sombong dan merasa  akrab gitu lho). Padahal Kalau di tanya kepada salah satu  pejabat teras,  maaf pak apakah bapak kenal tidak sama laki-laki balaga inti itu? Maaf bung saya tidak kenal sama orang tersebut.

Balaga inti adalah tipe orang yang penampilan atau performancenya  oke tetapi tidak ada uang satu sen pun didalam dompet, padahal pulang ke rumah numpang, atau naik jalur sebelas alias berjalan  kaki. Dengan dimikian mari kita simpulkan Balaga inti itu antara lain:
1.      Balaga inti itu adalah orang yang sok kenal, sok gaul dan sok keren
2.      Balaga inti itu adalah orang suka campur urusan orang padahal urusannya sendiri tidak bisa diselesaikan dengan baik.
3.      Balaga inti itu adalah orang yang seolah-olah dapat melakukan segala sesuatu.
4.      Balaga inti itu adalah orang yang stylenya bagus tetapi parlente
5.      Balaga inti itu adalah orang yang setiap kali  ada tragedy, kejadian tabrakan atau ada ribut tetangga, maka ia akan selalu ada di situ.

6.      Balaga inti itu adalah orang yang seolah-olah cari solusi padahal carita orang punya busuk dan suka bikin adu kambing, maaf maksud saya adalah adu domba.

Mari bung dan usi (saudara-saudari) kita deteksi apakah anda termasuk type orang yang Balaga Inti. Pikirkan kembali karakter anda. Jangan sampai di bilang orang kepada anda  “BALAGA INTI.

“saya tidak bisa melakukan segala sesuatu.Tetapi saya bisa melakukan sesuatu”

0 komentar:

Posting Komentar