Selasa, 04 Maret 2014

ALE DAN BETA BERBEDA



ALE DAN BETA BERBEDA
By.P. Saiya

Setiap orang dimuka bumi dilahirkan dengan keadaan yang berbeda, sifat yang berbeda  serta mempunyai  keinginan yang berbeda-beda pula.  Dalam setiap keadaan dan sifatnya mereka mempunyai pandangan dan cara aktualisasikan sesuatu  yang berbeda.  Lingkungan adalah sebuah tempat komunitas di mana sering terjadi satu  komunikasi yang intes, puncaknya bisa mengalami sebuah kesalahan yang fatal. Perbedaan-perbedaan yang sering kita alami dapat menyebabkan sebuah blok dengan kohesi-kohesi yang berdiri sendiri.  Bagaimana kita memahami sebuah perbedaan dalam konteks social? Secara umum kita akan menemukan sifat hetoregen dan homogen dalam titik tertentu keduannya bisa bersatu. Andaikata terjadinya sebuah konflik yang bertendensi  terhadap kekacauan maka kedua sifat tadi heteorgen dan homogen akan bersatu, hal ini akan menjadi sebuah perbedaan jika sebuah keadaan akan terjadi pada titik singgung masing-masing kelompok. Dalam kelompok tersebut kita menemukan adanya individual yang berbeda-beda dari setiap orang. Benarkah sebuah perbedaan akan mempunyai dampak yang besar terhadap komunitas baik yang sifanya heterogen dan homogen. 

Apakah dengan menjadi berbeda kita tidak bisa lagi kembali pada kedua sifat tadi ataukah kita membentuk sebuah komunitas, kelompok atau geng,  yah,  itu hanya sebuah istilah, dalam substansi arti tetap sama dengan kelompok atau komunitas. Pertanyan yang sangat fundamen/mendasar apakah setiap orang boleh menjadi berbeda?  Pernahkah kita menjadi bukan diri kita. Ataukah kita dipengaruhi oleh sebuah keadaan atau informasi sensasional mengenal artis, yang saya maksudkan misalnya  anda merasa menjadi justin beaber? Kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh banyak keadaan dan factor. Keadaan yang seperti ini lumrah, saya berani bertarung dengan anda, hampir sebagian atau lebih banyak orang akan mengalami perubahan baik secara permanent maupun yang sifatnya sementara. Dimanakah anda berada. Andaikan saya disuruh untuk memilih, maka saya akan memilih berbeda secara permanent. Saya sangat setuju berbeda bukan dalam keadaan  visual aja, maksud saya disini adalah berbeda tanpa tujuan. Berbeda secara konkrit adalah sebuah komitment pribadi untuk menjadi berbeda dengan tampilan sifat. 

Dalam pengamatan saya dalam beberapa kelompok adalah orang-orang yang sudah mengalami sebuah pembaharuan dari gaya hidup dan sifat, mereka tidak akan kembali lagi ke tempat semula. Bagaimana anda bisa membawa dampak kepada sebuah keadaan atau  kelompok? Tampil berbeda dalam sifat menjadikan kita kuat dalam karakter dan pasti mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk masuk dalam kelompok-kelompok  yang berbeda.  Apakah anda sudah di pengaruhi oleh tulisan ini?  Saya tidak mengajarkan sebuah langkah radikal yang berbeda, hanya membantu nyali anda bahwa berani tampil berbeda( tampil beda) adalah hal luar biasa. Seharusnya juga berbeda itu adalah sebuah anugrah yang patuh kita syukuri itu adalah kekuatan bukan sebuah perpecahan yang membawa pada titik konflik, saya jadi ingat dengan pemikiran Lewis Coser, menurut Coser memang ada tipe-tipe tertentu dari dari konflik yang bersifat destruktif dan disintegratif. Saya tidak membahas masalah titik konflik tetapi mengenai Ale dan Beta berbeda.
            Saya akan mengutip empat kepribadian menurut Hipokrates (400 SM ) antara lain:  (1) Sanguin (menyenangkan, ramah, optimis, tetapi tidak teratur terlalu suka berbicara.(2)Koleris ( Terpaku pada tujuan, dilahirkan sebagai pemimpin,percaya diri, tetapi suka mengatur dan tidak sensitif. (3) Melangkolis ( Penuh perhatian, bijaksana, teratur, tetapi berpikiran negatif dan sering putus asa. (4) Flegmatis ( menyenangkan, tenang, mudah menyesuaikan diri tetapi tidak tegas dan tanpa motivasi. Ketika anda menyadari bahwa ada beragamnya kita maka mari katakan kepada teman-temanmu: ALE DAN BETA BERBEDA.

Sebuah Refleksi: Tampil berbeda dalam sifat menjadikan kita kuat dalam karakter dan pasti mempunyai kekuatan yang luar biasa



0 komentar:

Posting Komentar