Rabu, 05 Maret 2014

ABRAHAM VS AMPI



ABRAHAM  VS AMPI
By.P.Saiya
            Waktu masih anak-anak saya  di ceritakan tentang cerita – cerita Alkitab oleh guru sekolah minggu, ceritanya  tentang tokoh – tokoh besar dalam Alkitab sebut saja salah satunya adalah Abraham,  ijinkan saya cerita sedikit tentang Tokoh besar yang satu ini. Abraham adalah leluhur bangsa Yahudi dan bangsa – bangsa lainnya, imannya sangat teguh dan Ia dikenal  sebagai’ sahabat Allah’. Daftar keturunannya langsung melalui putra-putranya ishak dan ismael dan hidupnya dijadikan teladan iman terhadap Tuhan oleh agama-agama besar di dunia.
            Sampai dengan saat ini Abraham selalu menjadi bahan khotbah dan panutan karena Ketaatannya, kepatutannya dan kesetiaanya Kepada Allah. Abraham sudah tidak ada di muka bumi ini lagi  tetapi spiritnya masih ada dan cerita-cerita imannya masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Pokoknya orang tetap percaya bahwa Abraham adalah Bapak dari segala orang beriman. Abraham bertanggung jawab dengan pernikahannya, ia taat dan setia kepada tante sarah, sampai tante sarah di panggil pulang ke rumah Bapa di Surga.
            Oke bung, sekarang kita  bahas tentang ampi. Orang tua kita di ambon selalu memanggil Abraham dengan istilah ampi, aneh juga yah? Misalnya nama Petrus di panggil etus atau nama yang lebih kren lagi di panggil etok atau nama daniel di panggil dance yang lebih cetar membahana lagi nama dance di panggil Tuan takur atau jangkrik pokoknya nama – nama manusia Planet deh.
            Ayo bung kita bahas tentang nyong ampi ( nyong adalah panggilan untuk seorang laki-laki yang masih muda ). Nyong ampi adalah tipe laki-laki yang boleh di bilang setia tetapi tidak setia, anda pasti tidak mengerti maksud saya? Begini bung, saya akan menjelaskannya: Nyong ampi,  kelihatan setia kepada istrinya, setiap pulang kantor, pasti ia akan menyapa istrinya, welmince beta pulang, beta capeh / lelah ni, biasa kerja seharian, ma tolong siapkan kopi dan makan malam kita, sambil menanyakan anak-anaknya, dimana etus? Dimana jontor dan si bungsu kita angki, main dimana dia?  wao sangat romantis sekali, sangat perhatian, sangat simpatik. Nyong ampi ale dapa akang deng gajo-gajo sudah ( sebuah penghargaan untuk seseorang yang menang)  Oke bung mari  kita flas back dari waktu jam 09.00 – 17.00, dengan pembagian waktunya sebagai berikut: jam 09.00 – 12.00, nyong ampi bolos kerja dan kedapatan sedang jalan-jalan  di Mal  pada pukul 12.00 – 13.00, nyong ampi makan siang di pinggir Mal, karena talalu mahal ( sangat mahal )  makan di Mal, duduk carita omong kosong, ets nanti dulu, ternyata nyong ampi tidak makan sendiri, nyong ampi dengan temannya, yah teman tapi mesra.  Padahan welmince lagi mamasak di rumah untuk makan siang, tiba-tiba terdengar bunyi nada sambung tut..tut.tut seperti bunyi konto (kentut),  iramanya agak teratur ,  halo ampi.. ada apa? Ma, beta makan diluar dolo (dulu), soalnya ada kegiatan kantor. Welminces pun menjawab dengan gesit kepada  nyong ampi, oke cinta, haning, say, beb selamat makan.e. wao romantis banget.



            Jam 13.00 – 15.00 nyong ampi balik ke kantor, sampai di  kantor ternyata keadaannya sepi, semua pegawai   lagi istirahat makan siang, hebat nyong ampi, pertahankan prestasi kerjamu bung, di saat semua orang lagi pulang makan, nyong ampi sendiri di kantor. Waktu teman-temannya balik dari istirahat makan siang menuju kantor, mereka sangat takajo orang ambon bilang ”kaget”, ternyata nyong ampi sudah ada di kantor, hei ampi, luar biasa.e datang tepat waktu,  tadi pagi tidak masuk kantor lagi kemana tu? o..beta ada urusan dengan Maitua ( istri) padahal welmince tahu bahwa nyong ampi ada di kantor.  Kalau welmince tahu hal ini pasti ia marah basar ( besar) dan menurut penilitian oleh Dr. Carol Tavris, penulis Anger: The Misunderstanding Emosion, menasihatkan, ” Jangan sekali-kali berbicara di saat marah. Pasti anda akan berbicara segala sesuatu dengan tidak senonoh dan salah. Ops, jangan salah,  nyonya besar Welmince tidak tahu tentang situasi ini.  Orang bilang hanya Tuhan dan nyong ampi saja yang tahu. Samua ( semua)  orang tahu welmince pung ( punya) mulut kaya kancang goreng. Kalau welmince marah dia ungkit semua jenis binatang yang ada di kebun bintang gembira loka ( kebun binatang yang ada di yoyakarta).
            15.00 – 15.30  ada apel sore, kelihatannya samua ( semua) lagi perhatikan bos basar ( besar) lagi kasi pengarahan kepada pegawainya, ets jangan salah,  semuanya rapih kalu di lihat dari bagian depan. Tetapi di bagian belakan talamburan ( kacau) setelah di cermati ternyata nyong ampi ada sms dengan kuntilanaknya alias selingkuhannya, biasa strategi tingkah tinggi dalam rangka melakukan kudeta terhadap nyonya besar Welmince.
            15.30 – 16.00 nyong ampi tiba di rumah, yah seperti biasanya dan sudah menjadi tradisi sapaan ketika nyong ampi pulang kantor: ” welmince beta pulang, beta capeh / lelah ni, biasa kerja seharian, ma tolong siapkan kopi dan makan malam kita, sambil menanyakan anak-anaknya, dimana etus? Dimana jontor dan si bungsu kita angki, main dimana dia,”
            Pada pukul 16.00 -17.00? pasti anda bertanya-tanya apa yang dilakukan nyong ampi antara pukul 16.00 – 17.00 sst rahasia jangan bilang welmince!!
            Akhirnya saya dapat menarik kesimpulan, mirip pengamat politik gitu lho:

Abraham adalah Bapak dari segala orang beriman,  kesetian dan ketaatannya sangat terbukti dan  dapat di percaya.

Ampi adalah bapak dari segala orang yang tidak  setia, kesetian dan ketaatannya sangat  tidak terbukti dan prestasi kerjanya sangat di ragukan.

Mohon perhatian: semua cerita  tidak menyudutkan orang – orang tertentu dengan nama-nama pada cerita di atas. Ini hanyalah sebuah ilustrasi hidup.

Kesetiaan tidak di ukur hanya dari perkataan semata saja, melaikan dari sikap dan perbuatan kita



0 komentar:

Posting Komentar